Beberapa Hal Penting Dalam Desain Interior

Salah satu faktor yang mendukung kebahagiaan manusia adalah luang dan lapangnya tempat tinggal. Meski yang paling penting adalah kelapangan dan keluasan hati. Namun, memang tidak salah juga jika dikatakan rumah yang lapang akan mendukung kebahagiaan seseorang apalagi didukung dengan penataan interior partisi ruang tamu yang tepat pasti akan membuat siapapun akan senang berlama-lama dalam ruang tersebut, termasuk tamu Anda. Namun apakah ini menutup kemungkinan bahagia orang yang hanya mempunyai rumah yang sempit.

Tentu saja tidak. Bahkan bisa jadi rumah yang sebenaranya sempit, tetapi dengan desain interior yang baik justru akan kelihatan lebih nyaman ditinggali daripada rumah yang luas dan lapang tetapi dengan desain interior yang acak-acakan. Nah, di sinilah pentingnya kreasi dalam menata ruang yang sempit menjadi terkesan lapang.



Atau paling tidak dengan tata ruang dan penempatan interior rumah yang pas akan menambah kenyamanan bagi penghuninya. Penataan interior ruangan yang tepat ini dapat memberi beberapa manfaat kepada penghuninya bahkan semua orang yang berada di dalam ruang tersebut termasuk tamu Anda. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menata ruangan yang sempit sehingga terlihat nyaman dan menentramkan.

- Konsep atau gaya desain interior rumah

Hal yang pertama harus diperhatikan ketika Anda akan menata ruangan Anda adalah konsep. Pemilihan konsep yang pas akan mempermudah Anda dalam memilih perangkat yang dibutuhkan dalam penataan ruang. Anda dapat memilih konsep minimalis, modern, klasik, rustik, futuristik ataupun elektik.
Anda dapat memilih salah satu dari beberapa konsep tersebut atau bahkan Anda akan memadukannya, misalnya konsep desain interior minimalis dipadukan dengan konsep modern, atau konsep klasik dengan desain interior minimalis dan sebagainya. Tentang konsep ini akan dibicarakan lebih lanjut di postingan berikutnya.
Konsep ini tentu akan mempengaruhi pemilihan elemen-elemen pendukung dalam desain interior termasuk elemen dekorasinya. Hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih konsep adalah skala ruangan secara keseluruhan, misalnya berapa luas ruang tamu, ruang tidur, dapur dan sebagainya. Perhatian terhadap skala ini akan memperngaruhi proposional dari setiap elemen desain interior.


- Perabot ataupun perangkat ruangan

Pemenuhan ruangan dengan perabot tentu bukan tindakan yang bijaksana, sekalipun perabot tersebut perabot yang mahal dan kita sukai. Karenanya, Anda harus benar-benar memilih perabot mana yang harus Anda masukkan dalam ruangan dan perabot mana yang sebaiknya Anda keluarkan atau bahkan Anda jual.

Kenyamanan dan keindahan pandangan tentu suatu hal yang tidak dapat Anda abaikan dalam menata interior rumah Anda. Sedikit ornamen sangat dibutuhkan agar rumah tidak kelihatan kaku dan kasar, tetapi tentu tidak boleh berlebihan karena ornamen yang berlebihan apalagi penataannya asal-asalan, akan menimbulkan kesan ramai dan kisruh sehingga menjadikan penghuninya tidak nyaman dan tenteram.

- Pewarnaan desain interior rumah

Setiap warna memiliki karakteristik dan makna yang berbeda-beda. Efek yang ditimbulkan warna pun akan berbeda pula. Karenanya dalam memilih warna hendaknya dipilih warna-warna yang memberikan energi positif dalam setiap ruangan. Meski Anda mempunyai kesukaan warna merah, tetapi hendaknya diingat bahwa ruangan yang akan kita desain bukan hanya kita saja yang menikmati.

Karenanya, perpaduan warna tembok, warna perabot atau furniture dan juga warna dekorasi yang kita pilih hendaknya merupakan perpaduan yang rapi, nyaman dan menimbulkan kesan teduh dan adem siapa saja yang masuk dalam ruangan Anda. Nah, jika Anda akan mendesain ruangan Anda, tiga hal tersebut di atas layak menjadi pertimbangan.
Previous
Next Post »